Pameran Cetak Saring Kelompok Decenta

1 Desember 2019 –
15 Maret 2020

Ruang Sayap,
Selasar Sunaryo Art Space

A.D. Pirous, Diddo Kusdinar, G. Sidharta, Priyanto Sunarto, Sunaryo dan T. Sutanto
07.jpg

Pameran ini menghadirkan karya-karya cetak saring dari sebuah kelompok seniman Bandung yang aktif pada dekade 1970an. Seniman-seniman ini dipertemukan oleh tawaran pengerjaan elemen estetik untuk sebuah gedung pertemuan besar di Jakarta pada 1973. Dari sana kelompok ini mulai eksis sebagai sebuah perusahaan desain yang tidak hanya menekel pekerjaan elemen estetik, melainkan juga pekerjaan desain grafis, desain interior dan lain-lain, sebuah konsekuensi dari pertumbuhan ekonomi pada masa awal Orde Baru. Pameran ini menghadirkan karya-karya cetak saring dari sebuah kelompok seniman Bandung yang aktif pada dekade 1970an. Seniman-seniman ini dipertemukan oleh tawaran pengerjaan elemen estetik untuk sebuah gedung pertemuan besar di Jakarta pada 1973. Dari sana kelompok ini mulai eksis sebagai sebuah perusahaan desain yang tidak hanya menekel pekerjaan elemen estetik, melainkan juga pekerjaan desain grafis, desain interior dan lain-lain, sebuah konsekuensi dari pertumbuhan ekonomi pada masa awal Orde Baru. 

"Presentasi sederhana ini berusaha menghidupkan kembali spirit pameran mereka di Taman Ismail Marzuki yang berjudul Pameran Gambar Cetak Saring 1975, meskipun tidak seluruh karya dalam pameran itu dihadirkan kembali di sini. Beberapa karya yang diciptakan setelah pameran itu juga dihadirkan karena masih mewakili ideologi berkesenian kelompok ini. Tidak hanya makin mengidentifikasi mereka sebagai kelompok seniman, pameran penting ini diingat oleh publik seni rupa saat itu karena Decenta mempromosikan dan memapankan cetak saring sebagai salah teknik dalam perbendaharaan seni grafis di Indonesia. Tercatat setelah pameran ini,  seniman-seniman dalam kelompok Decenta kerap mewakili Indonesia dalam pameran-pameran seni grafis dan peristiwa-peristiwa seni penting di mancanegara dengan memamerkan karya-karya cetak saring. Pilihan Decenta terhadap cetak saring senafas dengan semangat zaman. Teknik cetak saring turut melandasi perkembangan signifikan media reklame dan periklanan saat itu."
Karya-karya cetak saring menjadi tahapan penting bagi para anggota kelompok ini sebagai seniman. Melalui cetak saring dan iklim berkarya kondusif di Decenta, mereka diberi peluang untuk bereksperimentasi dengan teknik dan metode berkarya yang baru, yang membuka kemungkinan-kemungkinan terhadap kekaryaan yang kaya dan lapang. Cetak saring juga memberikan kesempatan bagi masing-masing dari mereka untuk menguji, merefleksikan dan memantapkan ideologi berkesenian mereka di masa mendatang.
Kurator
Chabib Duta Hapsoro

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Christine Toelle

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

0813 2000 9997