Yetty Sutjihati Mikkelsen

On the Way

TAHUN

MEDIUM

1997

Marmer Carrara (Italia)

DIMENSI

24 x 32 x 24 cm

Yetty Sutjihati Mikkelsen adalah pematung & pelukis, anggota Danish Sculpture Sociey. Mikkelsen juga adalah teman kuliah Sunaryo. Mereka berdua, pada 1969 menjadi sarjana pertama lulusan Studio Seni Patung FSRD ITB. Selepas dari ITB, Mikkelsen melanjutkan studi ke Denmark, lalu menetap dan berkarier di sana.

Pada 2019, Mikkelsen menghibahkan 4 karyanya kepada Serambi Pirous dan Selasar Sunaryo Art Space. Karya “On The Way” adalah salah satu karya yang menjadi koleksi SSAS. Patung ini terbuat dari marmer Carrara (Italia). Mikkelsen memalihkan kesan dari material. Marmer yang biasa berkesan keras dan dingin, di tangan Mikkelsen menjadi hangat dan lembut.

Karya On The Way, dalam tuturan Mikkelsen, “mencuri bentuk” dari kerang. Bentuk digubah menjadi perwujudan bundar, serba melengkung, berkesan harmonis dan hangat. Mikkelsen memang tertarik dengan bentuk-bentuk organik.

Karya Mikkelsen menjadi bagian penting dalam koleksi SSAS, selain sebagai buah dari persahabatan yang telah berlangsung lebih dari setengah abad, juga merupakan tanda dari konsistensi seorang perupa Indonesia yang berhasil berkarier di Eropa.