Mochtar Apin

Turun ke Laut

TAHUN

MEDIUM

1990

Cat minyak dan pensil hitam di atas kanvas

DIMENSI

26.5 x 21.5 cm

Mochtar Apin adalah sosok penting dalam Seni Rupa Bandung. Di antara ragam karya yang lahir dari sepanjang kariernya, seri lukisan nude merupakan bagian yang penting.

Lukisan dengan judul “Turun ke Laut” ini bertarikh 1990. Sosok perempuan berdiri agak menyamping, bagian kepala, torso, dan tangannya, menempati pusat komposisi. Latar belakang, didominasi olahan warna kuning. Ada olahan warna hijau jadi aksen di bagian kanan kanvas. Semuanya diolah dengan sapuan kuas dengan barik yang tampak jelas.

Tangan kiri si sosok perempuan berkacak pada pinggangnya. Gerak tangan itu seperti yang menegaskan lekuk torso. Lengkungan khas tubuh perempuan. Pose tubuh dengan sudut pandangnya tampak makin menonjolkan kekhasan tersebut. Pilihan ini menunjukan pemahaman sang seniman atas anatomi tubuh dari subjek karyanya.

Pemahaman atas anatomi seperti yang tampak pada lukisan-lukisan nude Mochtar Apin, menunjukan relasi khusus antara si perupa dengan subjek-subjeknya. Dengan kata lain, ini adalah karya yang juga menyiratkan hubungan antarmanusia.

Cari tahu lebih banyak mengenai Mochtar Apin. Katalog salah satu pamerannya bersama Teguh S. Priyono, Provocative Bodies (2004) dapat dibaca di Pustaka Selasar.