Titik Awal

16 Mei –
13 Juli 2017

Ruang Sayap,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Cetak Saring Sunaryo 1973-1983
07.jpg

Pameran ini menampilkan sejumlah karya cetak saring Sunaryo dalam periode kesenimanannya di DECENTA. Periode ini berarti penting baginya serta beberapa seniman lain yang tergabung di dalamnya seperti A.D. Pirous, G. Sidharta, T. Sutanto dan Priyanto Sunarto.

"Para anggota DECENTA sering berkarya cetak saring bersama. Eksperimentasi cetak saring kelompok ini pun didukung oleh sarana yang memadai: bengkel cetak saring, laboratorium fotografi dan para asisten yang terampil. Spirit kolektif pun hadir saat mereka menggali kekayaan budaya visual tradisi Indonesia untuk mencari identitas berkarya."
Dalam hal ini pendekatan Sunaryo terbilang unik. Lahir di Jawa Tengah, ia justru terpikat pada garis-garis primitif ekspresif khas Irian dan Nias. Pada penciptaan karya-karya cetak saringnya, Sunaryo memotong, menggeser dan menyusun kembali sejumlah motif ragam hias dalam kepentingan mendekonstruksi karakteristiknya.

Prinsip-prinsip desain mempengaruhi penciptaan karya cetak saring DECENTA. Karya jadi acapkali mengacu penuh padarancangan. Sunaryo agak membedakan diri dengan memberikan porsi pada aspek ketidakterdugaan. Ia kerap membiarkan jika ada sedikit pergeseran garis atau bidang.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Christine Toelle

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

0813 2000 9997