Sense of Order

26 Januari –
25 Februari 2018

Ruang B & Ruang Sayap,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Tunggal Nurdian Ichsan
07.jpg

Nurdian Ichsan adalah seniman, kurator dan pengajar di Program Studi Seni Keramik, Institut Teknologi Bandung (ITB). Sasan—panggilan akrabnya—menampilkan sejumlah karya-karya keramik terbarunya. Objek-objek keramik Sasan hadir repetitif, menandai dorongan berkaryanya untuk mewujudkan semacam order atau tata.

Setidaknya ada tiga hal pokok yang dapat diajukan untuk menampilkan karya-karya Nurdian Ichsan di pameran ini.

"Pokok yang pertama adalah kesadaran konseptual Sasan — panggilan akrabnya — akan sifat-sifat utama material lempung sebagai bahan baku untuk karya-karya keramik. Yang kedua, pandangan kritisnya atas konstruksi yang boleh kita sebut sebagai “makna”, yang biasa dilekatkan dengan intensi para seniman serta alasan kehadiran suatu karya seni. Ihwal ketiga terkait dengan wacana kontemporer yang melandasi penciptaan karya-karya keramiknya mengenai diri atau subjek dan apa yang kerap disebut sebagai proses-proses subjektivasi."
Ketiga ihwal ini pada karya Sasan sekaligus juga menggambarkan ketegangan antara material lempung dan praktik artistik seni keramik kontemporer.

Relasi antara lempung dan keramik bagi Sasan bukanlah relasi tanda. Lempung bukanlah petanda karya keramik atau sebaliknya. Material ini adalah penanda dan petanda sekaligus. Material lempung bukan discaya sekadar material mentah yang perlu pencanggihan melalui proses atau teknik-teknik pembuatan keramik. Lempung adalah medium “state of nature”, sama sahnya dengan medium-medium seni rupa yang lain.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Christine Toelle

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

0813 2000 9997