Printmaking Today

27 November –
24 Desember 2021

Bale Tonggoh,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Kelompok
Studio Seni Grafis ITB dan
RMIT School of Art
07.jpg

Ini adalah pameran kerja sama Studio Seni Grafis Fakultas Seni Rupa & Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) School of Art, serta Selasar Sunaryo Art Space. Pameran ini menampilkan karya-karya seni grafis, dengan melibatkan 6 dosen RMIT, 29 mahasiswa RMIT, 17 dosen ITB, dan 18 mahasiswa ITB. Baik mahasiswa maupun dosen menyajikan pengalaman mengeksplorasi berbagai teknik seni grafis. Seni, dalam hal ini, memang berpijak pada pengalaman akan teknik. Ragam teknik dalam koridor konvensi seni grafis maupun kemungkinan eksplorasi yang sifatnya melampaui atau menguji batas konvensi.

"Melalui pameran ini, kita diajak menengok tentang seni grafis hari-hari ini, yang dipraktikkan di Bandung maupun di Melbourne, diwakili oleh para dosen dan mahasiswa di kedua institusi tersebut. Berbagai teknik, cetak dalam, cetak tinggi, cetak datar, maupun eksplorasi melampaui teknik, didemonstrasikan. Selain pameran, akan disajikan pula tur pameran dengan pemandu, lokakarya/demonstrasi cetak, serta diskusi daring."

topi naga - 2017.jpg
Teknik, pengalaman menjalaninya, dan kemungkinan-kemungkinan untuk melampauinya, kali ini tersaji dalam lingkup disiplin seni grafis. Jika praktik seperti ini dilakukan secara rutin dan konsisten maka, pengayaan pengalaman pun bisa terjadi bukan hanya bagi para perupa yang bereksplorasi, tapi juga bagi para pelihat. Semoga pengalaman unik ini bisa menjadi cara untuk mengalami seni dalam hubungannya dengan teknik, disiplin, serta kebebasan berekspresi.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Christine Toelle

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

0813 2000 9997