Out of Register

15 November –
1 Desember 2019

Bale Tonggoh,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Grafis Seniman Jakarta dan Bandung
07.jpg

Seperti apa praktek seni grafis yang dilakukan oleh seniman muda Bandung dan Jakarta sekarang ini? Pameran Out of Register (Yang Bergeser dari Acuan) hadir untuk mempertemukan dua kolektif dari Jakarta dan lima seniman Bandung dengan karya-karya terkini mereka. Pameran ini hendak menjejerkan pergeseran-pergeseran yang ditawarkan para seniman ini; mengacu dari cetak saring, cukil, intaglio, offset hingga aksi performatif dari mencetak itu sendiri.

Sebagai sebuah disiplin ilmu, seni grafis memiliki pakem serta kebakuan tersendiri. Pakem-pakem inilah yang ingin dilenturkan oleh para seniman ini. Faktor utamanya, tentu dengan masalah klise soal terbatasnya akses terhadap prasarana mapan yang mengakomodir mutu spesifik dari ragam seni grafis. Perihal ini bisa jadi malah suatu keistimewaan bagi para pegiat seni grafis yang menghadapinya.




"Mereka ditantang untuk menelaah secara subjektif proses produksi dari seni grafis, untuk kemudian mencari padanan pengganti dari acuan-acuan semestinya sebagai gagasan artistik. Hasil dari penyiasatan yang subjektif ini bisa dihargai secara pesimis, sebagai sebuah penyimpangan dalam mengikuti pakem, atau secara optimis, sebagai bentuk terobosan dari pembuatnya."
Pameran ini menampilkan karya-karya seniman grafis yang bermotivasi dari konteks teknologi dan ekonomi akan masing-masing kota, Bandung dan Jakarta. Ketujuh seniman yang aktif berkarya pasca 2010 ini menyajikan bermacam modus kerja untuk menjelajahi kemungkinan seni grafis; dari atribut seperti kertas, plat, kimiawi, dan gestur mencetak, baik yang dilakukan secara konvensional dan mandiri hingga olahan massal. Out of register, gejala dalam percetakan yang menyebabkan garis dan warna menjadi tak selaras, menjadi tajuk untuk melihat simpangan-simpangan dari para seniman dua kota yang panas dan dingin ini - mengajak kita untuk mengamati hasil dari tahapan-tahapan terencana versus improvisasi yang dikerjakan untuk menghadapi berbagai kendala di lapangan.
Kurator
Gesyada Siregar

Seniman
BREMOL, Egga Jaya Prasetya, Grafis Huru Hara, Irfan Hendrian, Nurrachmat Widyasena, Rega Rahman, Sigit Ramadhan

Pembukaan Pameran
15 November 2019, 19.00 WIB

Lokakarya
17 November 2019, 12.00 – 15.00

Diskusi Seniman
17 November 2019, 15.00 – 17.00

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Christine Toelle

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

0813 2000 9997