Merumuskan Asal

13 Mei –
31 Juli 2022

Ruang B,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Seni Grafis Sunaryo
07.jpg

Menilik narasi sejarah, sudah terbiasa dipampangkan periodisasi dari apa yang disebut “tradisi” (dan hal ini tentu sangat beragam di Nusantara), kemudian batas-batas pengaruh Hindu dan Buddha, lalu pengaruh Islam, dan pengaruh Barat. Dalam lapangan kebudayaan, soal pengaruh-mempengaruhi dalam hubungan antar-bangsa, lebih rumit lagi diperdebatkan. Salah satu sisi dari perdebatan itu adalah mengenai “asal” kita. Jika “asal” adalah tradisi, lalu bagaimana cara kita memandang tradisi?

"Kurator Agung Hujatnikajennong memilah pembabakan kekaryaan Sunaryo menjadi tiga. Pertama, “Fase Awal” (1969- 1973), terdiri dari karya-karya patung yang dipengaruhi secara kuat oleh bahasa estetik ‘Mazhab Bandung’. Kedua “Fase Decenta” (1973-1983), yang terdiri dari lukisan, patung dan cetak grafis yang berangkat dari pengolahan khazanah bahasa visual Nusantara. Ketiga “Pasca-Decenta” (1984-sekarang), yang dicirikan oleh karya-karya dengan keragaman pendekatan tema, medium dan material."
topi naga - 2017.jpg
Pameran kali ini merujuk pada fase kedua, khususnya karya seni grafis. Decenta adalah Design Center Association, sebuah kelompok yang aktif di Bandung sejak 1973 hingga 1983. Kerja kelompok ini banyak dan ragam. Salah satu yang menonjol dari kerja-kerja itu adalah penjelajahan dalam disiplin seni grafis (utamanya cetak saring), dan hal ini bertaut dengan pencarian akar tradisi Nusantara.
“Fase Decenta” pernah dipamerkan di SSAS pada 16 Mei – 3 Juli 2017, dengan judul “Titik Awal: Cetak Saring Sunaryo 1973 – 1983”. Sunaryo dalam kesempatan wawancara dengan kurator Chabib Duta Hapsoro menyatakan: “Pameran ini saya rasa perlu untuk saya mengenang kembali bahwa sebetulnya apa yang sudah saya kerjakan dan sekaligus mempertanyakan hari ini saya sudah sampai di mana dan mau ke mana. Saya rasa itu yang paling penting dalam pameran ini. Dan mungkin saya tidak melihat atau tidak ingin menonjolkan bagaimana pencapaian tekniknya. Tetapi lebih bagaimana dan apa yang sudah saya lalui untuk ke depan…”.

Pameran Merumuskan Asal berlangsung hingga 31 Juli 2022 setiap Selasa - Sabtu pukul 10.00-17.00 WIB.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Adytria Negara

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

+62 851-9500-4505