Menyatakan Jarak

8 April –
29 Mei 2022

Bale Tonggoh,
Selasar Sunaryo Art Space

Bandung – Leiden
07.jpg

Pameran dan seri program berjudul "Menyatakan Jarak: Bandung - Leiden" mengumpulkan seniman-seniman, pembuat film, peneliti, musisi, dan penulis di ruang Bale Tonggoh, Selasar Sunaryo Art Space dan secara daring. Theo Frids Hutabarat dari Bandung dengan proyeknya, Anonim terpilih sebagai pemenang panggilan terbuka seniman Atelier KITLV pertama, yang akan diadakan sepanjang 2022-2023. Atelier KITLV merupakan program eksperimen pengetahuan dalam seni, aktivisme, dan akademia oleh KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal –,Land – en Volkenkunde) Belanda, bekerjasama dengan organisasi seni Framer Framed dari Amsterdam.


“Presentasi hibrid Menyatakan Jarak: Bandung - Leiden adalah seri pertama dari proyek Anonim, yang terselenggara atas dukungan serta kemitraan Selasar Sunaryo Art Space dan Integrated Arts - Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Presentasi ini menghimpun macam-macam cara realitas bisa disampaikan dengan merespon, memanfaatkan, dan mengimajinasikan arsip masa lalu. Acara ini terdiri dari rangkaian bincang-bincang antara pelaku seni dan pengkaji dari Bandung, dari Belanda, dan tempat-tempat lain; dengan instalasi pameran, pemutaran film, masakan, musik, serta rangkaian program publik dan workshop.”
topi naga - 2017.jpg
Proyek besar Anonim memiliki latar ide dari dibukanya arsip-arsip kolonial di KITLV secara digital dan daring. KITLV sebagai institut riset telah menyimpan dan mempelajari bekas-bekas jajahan Belanda di Asia Tenggara dan Karibia sejak 1851. Dibukanya arsip digital itu, menurut inisiator proyek, Theo, menjadi ambang kepada "dunia lain," yang menyebut tanah dan ruang yang kita ketahui, tapi juga asing sebab ada di luar dari spektrum sejarah yang kita kenal lewat pendidikan.
Siapa para anonim itu, seolah hanya bisa dijawab oleh pengambil gambar, atau fotografernya, yang punya hubungan langsung dengan subjek yang dipotretnya. Hubungan intersubjektif itu adalah yang hendak diimajinasikan ulang lewat berbagai ungkapan dan pendekatan yang ada pada karya-karya dan kegiatan-kegiatan dalam proyek ini, dengan sekaligus mendasarkan pada pengenalan atas jarak-jarak dan kungkungan struktur yang mengekang pengalaman dan pengetahuan kita.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Adytria Negara

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

+62 851-9500-4505