Manusa

14 Juni –
31 Juli 2022

Bale Tonggoh,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Koleksi Selasar Sunaryo Art Space
07.jpg

Manusa, dalam pengertian paling sederhana adalah kosakata Bahasa Sunda yang berarti “manusia”. Jika mau dijelajahi lebih jauh, maka pengertiannya bisa diluaskan menjadi “memiliki kualitas kemanusiaan”.

"Dalam dunia seni rupa, ada 3 hal yang menjadi pokok soal sejak lama, yakni, bentang alam (landscape), alam benda (still life), dan sosok manusia. Sepertinya 3 pokok soal ini mewakili 3 isu yang sejak dulu jadi perhatian utama umat manusia; bentang alam mewakili alam raya tempat manusia hidup, alam benda mewakili kehadiran makhluk mati, serta gambar sosok manusia, yaitu tentang dirinya sendiri."
topi naga - 2017.jpg
Di lihat dari sini, maka penggambaran sosok manusia bisa dianggap mewakili penggambaran dari satu persoalan yang dianggap mendasar dan penting, yaitu tentang “menjadi manusia”. Memang demikianlah pokok soal yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya: manusia harus memanusiakan dirinya sendiri.


Program pameran koleksi Selasar Sunaryo Art Space kali ini menampilkan karya-karya dengan pokok soal manusia. Rangkaian karya ini menyasar berbagai isu kemanusiaan, wujud visual dari sosok atau tubuh manusia itu, berbagai aspek kebudayaan, juga hal-ihwal yang sifatnya non-fisik dari kemanusiaan itu sendiri.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Adytria Negara

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

+62 851-9500-4505