Lawangkala

16 September –
23 Desember 2018

Ruang A, Ruang B &
Ruang Sayap,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Tunggal Sunaryo
07.jpg

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) adalah realisasi dari impian Sunaryo untuk mendukung perkem-bangan seni rupa di Indonesia. Hari ini, sebagai institusi, SSAS telah menjadi salah satu pemain kunci dalam lanskap seni-budaya Indonesia. Secara literal, kata “Selasar” menggambarkan sebuah area terbuka yang menyambungkan satu ruang menuju ruang lainnya. Konsep utama dari “Selasar”, juga merefleksikan tujuan dari ruang ini untuk mempertemukan karya seni pada audiensnya, dan mempertemukan kebudayaan yang berbeda.

"Dalam praktik artistiknya, Sunaryo seringkali menaruh perhatian pada isu-isu sosial politik dan lingkungan. Seperti dalam pameran Titik Nadir (The Inferno) yang merupakan pameran peresmian Selasar Seni Sunaryo, nama sebelumnya dari SSAS. Saat itu (1998) merupakan masa-masa kekacauan dan nestapa bagi rakyat Indonesia: runtuhnya rezim Orde Baru diiringi krisis ekonomi dan sosial. Alih-alih menampilkan karya-karyanya dengan indah untuk pembukaan, Sunaryo membungkus seluruh karya dan sebagian bangunan SSAS dengan kain hitam."
September 2018 merupakan ulang tahun ke-20 dari Selasar Sunaryo Art Space. Untuk memperingati peristiwa ini, SSAS mempersembahkan pameran tunggal Sunaryo di Ruang A, Ruang B, dan ruang Sayap. Pameran ini akan menampilkan karya-karya terbaru sang maestro berupa instalasi dan karya multidisiplin dari bambu dan bahan-bahan berbasis serat untuk merealisasikan gagasannya tentang kesementaraan, seperti hidup manusia yang hanya selewat saja.
SSAS kini berdiri berdampingan dengan Wot Batu dan Bale Project di bawah Yayasan Selasar Sunaryo. Sehubungan dengan peringatan 20 tahun SSAS, kami dengan bangga mempersembahkan dua buah program spesial dari masing-masing institusi. Untuk mendampingi pameran tunggal Sunaryo, Bale Project menggagas sebuah pameran bersama dan akan diadakan di Bale Tonggoh, juga pameran tunggal Septian Harriyoga di taman batu tersebut. Kami juga dengan bangga mengumumkan bahwa IndoArtNow sebagai official host untuk perhelatan ini.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Christine Toelle

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

0813 2000 9997