Common Good(s)

26 Juli –
18 Agustus 2019

Ruang A, Ruang B,
Ruang Sayap & Bale Tonggoh,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Desain Produk Berwawasan Komunitas di Indonesia
07.jpg

Pameran Common Good(s) merupakan bentuk respons dari pameran 100 Jahre Deutscher Werkbund yang dipersembahkan oleh Goethe-Institut Indonesia dan Selasar Sunaryo Art Space. Menampilkan Imam Buchori Zainuddin, Hanyaterra, I Gusti Made Arsawan, Lembaga Bantuan Desain, Singgih Susilo Kartono.

"Pameran ini bertujuan menghimpun karya-karya dan pengetahuan dari desainer-desainer produk terpilih di Indonesia yang memiliki rekam jejak bekerja bersama dengan komunitas. Seluruh materi pameran (objek-objek, infografis, arsip, dokumentasi dll) ditampilkan dalam format linimasa yang mencoba melacak jejak perkembangan praktik desain produk berwawasan komunitas di Indonesia sejak tahun 1970an hingga sekarang."
topi naga - 2017.jpg
Para desainer ini meninggalkan zona nyaman dengan bekerja di daerah dan kawasan- kawasan pinggiran, melakukan praktik desain kolaboratif dan partisipatoris bersama warga. Alih-alih hanya sebagai desainer, mereka juga beranjak menjadi fasilitator bagi pertukaran pengetahuan dan kecakapan. Praktik desain juga terartikulasi untuk merangsang diskusi di antara warga yang menghasilkan pertumbuhan literasi dan kesadaran untuk kebaikan bersama. Pameran ini hendak memberikan pemahaman bahwa kerja-kerja kolektif bersama warga/komunitas dapat memberi insipirasi bagi praktik dan proses kreasi desain. Kerja-kerja kolektif ini kemudian mampu menginisiasi perilaku-perilaku baru di tengah masyarakat yang memicu integrasi dan kohesi sosial.
Common Good(s) dipersembahkan oleh Selasar Sunaryo Art Space dan Goethe-Institut Bandung merespons pameran 100 Years German Werkbund 1907 | 2017.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Adytria Negara

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

+62 851-9500-4505