Bandung Photography Triennale

08 September –
08 Oktober 2022

Bale Tonggoh

Dystopian Diffraction: Sign of Warning
07.jpg

Selasar Sunaryo Art Space menjadi tuan rumah dari
Bandung Photography Triennale 2022. dengan
menampilkan 10 perupa di Bale Tonggoh SSAS. Mereka
berasal dari Indonesia, Polandia, Amerika Serikat, Singapura,
Jerman, Jepang, dan Korea Selatan. Masing-masing perupa
memperlakukan fotografi dengan cara yang berbeda-beda
dan menjelajahi berbagai dimensi sudut pandang juga
dimensi waktu dari citra dan peristiwa.


"Apakah fotografi selalu berarti masa lalu atau juga masa datang? Selama fotografi berarti penggunaan kamera untuk membekukan citra dari “kenyataan” maka ia selalu merupakan masa lalu. Pembekuan itu tidaklah tanpa masalah. Kamera telah membuat manusia masa kini cenderung melihat segala sesuatu sebagai citra dan latar belakang. Citra menjadi kian penting."
topi naga - 2017.jpg
Bandung Photography Triennale merupakan acara tiga tahunan yang mewadahi perupa internasional dengan penggunaan fotografi sebagai media utamanya. Bertujuan untuk melibatkan perupa sebagai upaya menegaskan peran perupa untuk memantik kesadaran tentang keseimbangan dan keterbatasan manusia, Bandung Photography Triennale 2022 hadir membawakan tema “Future Is Now: Skepticism, New Reality, and Infinities.” Tahun ini, Bandung Photography Triennale berhasil menggaet lima galeri bergengsi di Kota Bandung untuk pameran utama, dan empat ruang seni yang mewadahi program-program satelit. Mengusung tema utama dari Bandung Photography Triennale tahun ini, karya seniman yang akan dipamerkan di Selasar Sunaryo Art Space akan secara khusus merespon sub-tema yang berjudul "Dystopian Diffraction: Sign of Warning”.
Perkembangan fotografi kini barangkali tidak lagi sekadar penggunaan kamera. Kita jelas membutuhkan kecerdasan dan kepekaan tertentu agar gambar diam tidak sekadar deretan citra yang banal melainkan sesuatu yang bisa digunakan untuk refleksi.

Bandung Photography Triennale berlangsung dari 08 September sampai dengan 08 Oktober 2022 di Bale Tonggoh Selasar Sunaryo Art Space.

Pameran terbuka dari hari Selasa – Minggu, pukul 10.00 - 17.00 WIB.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Adytria Negara

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

+62 851-9500-4505