Bandung New Emergence Vol. 5

17 Oktober –

9 November 2014

Ruang B & Ruang Sayap,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Bersama Seniman Muda Bandung: Agus Novianto, Aulia Ibrahim Yeru, Bonggal Hutagalung, Eldwin Pradipta, Maharani Mancanagara, Mirfak Prabowo, Mulyana, Nurrachmat Widyasena, Resatio Adi Putra, Zaldy Armansyah.


07.jpg

Bandung New Emergence (BNE) volume 5. BNE, program pameran reguler dua tahunan SSAS, telah menjadi ajang yang dinanti karena mewakili suatu upaya untuk memantau kecenderungan terkini praktik seni rupa kontemporer Bandung. Selain fokusnya pada seniman muda, yang menjadikan BNE unik adalah perbedaan metode kuratorial yang ditawarkan oleh setiap volume.

"Kini dalam volume ke 5, kurator Mitha Budhyarto dan Sally Texania mengambil peran sebagai fasilitator. Pada dekade-dekade terakhir di abad 20, kita telah menyaksikan tarik-menarik antara kesenian dengan area-area lain menjadikannya suatu bidang yang ekspansif; batasan-batasan seni yang terus diregang membuatnya terlihat begitu cair dan lentur. Dampaknya, pola artistik yang telah lama mapan menghadapi tantangan-tantangan baru. Di sisi lain, bermacam-macam upaya untuk mempersoalkan dan membongkar pola artistik yang dianggap telah menjadi mapan– yang saat ini banyak dikenal melalui konsep-konsep seperti “kolaboratif”, “berbasis-riset”, “relasional” dan “partisipatif” –tetap harus dimaknai secara kritis."

topi naga - 2017.jpg
Dengan latar belakang ini, para seniman yang terlibat di BNE vol. 5 diundang untuk mencoba pola praktik kesenimanan yang berbeda dari apa yang sudah menjadi kebiasaan mereka sejauh ini. Berbeda dengan pameran pada umumnya, yang memiliki sebuah ‘tema’ atau ‘tajuk’ sebagai benang merah, yang mengikat para seniman di sini adalah bagaimana mereka bereksperimentasi dengan pola praktik artistik mereka. Di sini, sebagai fasilitator, para kurator memiliki peran ganda: memfasilitasi bagaimana para seniman dapat merumuskan dan mengimplementasikan strategi dan metode berkarya tersebut, serta memfasilitasi bagaimana pengunjung dapat membangun relasi dengan karya-karya yang ada dalam konteks diseminasi pengetahuan.


 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Adytria Negara

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

+62 851-9500-4505