APIN: Sang Petualang Dari “Gelanggang”

3 – 24 Mei 2014

Ruang A & Bale Tonggoh,
Selasar Sunaryo Art Space

Pameran Tunggal Mochtar Apin
07.jpg

Di tahun 2013 lalu telah berlangsung tiga pameran yang bertajuk Archiving Apin. Pameran ini berlangsung di tiga tempat yang berbeda, dalam waktu yang berbeda dengan pendekatan yang berbeda-beda pula. Ketiga acara pameran tersebut masing-masing adalah: Archiving Apin: Works and Documents from the Mochtar Apin Collection, berlangsung di NUS Museum, Singapura (31 Agustus-29 September 2013); Archiving Apin: Arsip-arsip Perjalanan Kesenimanan Mochtar Apin, di Galeri Soemardja, ITB (18 September–4 Oktober 2013), dan Archiving Apin: Painting the Modern, Mochtar Apin 1940 – 1990, di Edwin’s Gallery, Jakarta (26 September 2013 - 27 Oktober 2013).


"Tentu saja, pokok perhatian ketiga acara tersebut adalah sama: menampilkan sejumlah karya dan arsip yang berkenaan dengan perjalanan karier Mochtar Apin sebagai seniman, pendidik, pemikir yang telah berperan banyak dalam perkembangan seni rupa di tanah air."


topi naga - 2017.jpg
Melengkapi keseluruhan pameran yang telah berlangsung di tahun lalu, kini telah siap terbit sebuah buku yang mengulas dan menampilkan sosok Mochtar Apin, perjalanan hidup dan kariernya. Buku ini berisi sejumlah esai yang mengulas karya-karya Mochtar Apin oleh M. Agus Burhan, Suwarno Wisetrotomo, dan Enin Supriyanto. Juga, dilengkapi dengan kisah dan kesaksian sejumlah seniman lain, rekan-rekan Mochtar Apin, hasil wawancara Asikin Hasan, serta catatan kenangan anggota keluarga Mochtar Apin.

Peluncuran buku ini akan berlangsung pada hari Jumat, 2 Mei 2014. Mendampingi acara peluncuran buku ini, SSAS juga akan menyelenggarakan pameran sejumlah karya-karya Mochtar Apin, dilengkapi berbagai bahan arsip dan dokumentasi merujuk pada sejumlah ulasan, uraian dan catatan yang tampil dalam buku “Paradoks Mochtar Apin” tersebut.

Pameran ini adalah presentasi sederhana yang berupaya menghadirkan bukti-bukti perjalanan panjang Mochtar Apin, dimulai dari kiprahnya bersama para seniman muda Gelanggang di awal kemerdekaan Indonesia, sampai pada berbagai penjelajahan dan petualangannya dalam mencari bentuk dan isi bagi karya-karya seni-rupanya yang beragam.


Pameran ini juga menampilkan sejumlah bahan arsip dan koleksi pribadi keluarga Mochtar Apin. Berbagai bahan berharga, penuh kenangan dan jarang dilihat oleh publik seni rupa tanah air ini dapat membawa kita pada pemahaman yang lebih intim mengenai tokoh ini: dari berbagai alat kerja yang pernah ia pakai dalam studionya, juga sejumlah benda dan perangkat yang menunjukkan minatnya yang dalam dan luas pada kesusasteraan, musik, fotografi, hingga seni-budaya tradisional Indonesia.

Selain menghadirkan Mochtar Apin sebagai sosok yang multifaset, pameran kali ini adalah sebentuk penghormatan atas karya dan sumbangannya bagi seni rupa Indonesia selama ini. Bagaimanapun, adalah penting untuk terus-menerus menghadirkan eksistensi karya dan pengalaman tokoh ini ke hadapan masyarakat karena perjalanan kesenimanan Mochtar Apin adalah juga bagian penting dari perjalanan sejarah seni rupa modern di Indonesia.

Rangkaian program ini terselenggara atas kerjasama Selasar Sunaryo Art Space, Keluarga Alm. Mochtar Apin dan Edwin’s Gallery.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Adytria Negara

Program Manager

program@selasarsunaryo.com

+62 851-9500-4505