Banner Web_画板 1 副本 5.jpg

Declaring Distance

8 April –

29 Mei 2022

Bale Tonggoh,

Selasar Sunaryo Art Space

Bandung – Leiden
DD_elementsB_6.jpg

“Menyatakan Jarak” adalah presentasi dari berkumpulnya seniman-seniman, pembuat film, peneliti, musisi, dan penulis di Selasar Sunaryo Art Space, Bandung dan secara daring sebagai bagian dari residensi Theo Frids Hutabarat di program Atelier KITLV. 'Menyatakan Jarak' menghimpun macam-macam cara realitas bisa disampaikan dengan merespon dan memanfaatkan arsip masa lalu.

 

Kerja-kerja mereka yang ditampilkan dalam kegiatan ini adalah kumpulan bahan perbincangan dan ruang interaksi untuk publik. Untuk memandang bentang lini narasi kita bersama, konstelasinya, dan alternatif-alternatif yang tidak lepas dari zaman dan pandangannya, konstruksi sosial, politik, bangunan resmi pengetahuan, serta budaya.

Realitas poskolonial sering membuat kita sebagai subjek lokal untuk justru asing kepada hal-hal yang semestinya bisa diidentifikasi sebagai dasar, latar, dan bagian-bagian diri kita dalam sejarah.
Presentasi ini membayangkan satu situs jelajah bagi suatu “versi terbuka” dari sejarah lewat bahan arsip, simbol-simbol, serta ungkapan-ungkapan seni. Karya-karya dan eksplorasi para perupa sebagai instalasi, pemutaran film dalam sinema kecil di ruang pamer, penampilan musik dari arsip, dan makanan koloni. Kami mengajak publik untuk bergabung dengan program-program ini. Mari bersama-sama mengalami masa lalu dalam berbagai sikap,  sebagaimana jarak dinyatakan melalui imajinasi yang mungkin bagi diri kita hari ini.
Daftar Partisipan

ROUNDTABLE I

  1. Esther Captain

  2. Bagus Pandega

  3. Kei Imazu

  4. Zico Albaiquni

  5. Sadiah Boonstra

  6. Zaldy Armansyah

ROUNDTABLE II

  1. Marieke Bloembergen

  2. Arnoud Arps

  3. Rizki Lazuardi

  4. Riar Rizaldi

  5. Veronika Kusumaryati

ROUNDTABLE III

  1. Ridwan Hutagalung

  2. Atep Kurnia

  3. Tri Joko Her Riadi

  4. Aulia Yeru

  5. Bambang Sugiharto

 

PUBLIC PROGRAM

  1. Fajar Abadi (Gelanggang Olah Rasa)

  2. Audya Amalia

  3. Fauzie Wiriadisastra

  4. Yosefa Aulia Pratiwi

  5. Ardea Rhema Sikhar

  6. Hammad Zahid Muharram

Registrasi
8 April 2022, 10:00 – 12:00
9 April 2022, 10:00 – 13:00