selasarsunaryo.com
Selasar Weekend Cinema 2014: ArtHouse Cinema "BAUHAUS: Modell Und Mythos"

 

Sabtu, 30 Agustus 2014
Pk. 15.00 WIB
di Bale Handap
Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) bekerja sama dengan Goethe-Institut, menyelenggarakan pemutaran film dokumenter “BAUHAUS: Modell Und Mythos”. Pemutaran film ini merupakan rangkaian program reguler Selasar Weekend Cinema 2014: ArtHouse Cinema yang dilangsungkan pada hari Sabtu pekan terakhir setiap bulan.


“BAUHAUS: Modell Und Mythos”
Colour & Black-White, 104 min., 2010.
Director: Niels Bolbrinker & Kerstin Sutterheim

Sinopsis
Sampai dengan hari ini Bauhaus masih tetap berperan sebagai fondasi atas arsitektur dan desain modern. Namun masih banyak hal-hal dari “Bauhaus” yang bukan sekedar rumah putih berbentuk kubus dengan atapnya yang rata, kursi dari pipa baja atau lampu bermodel Bauhaus. Bauhaus merupakan tempat pendidikan, yang sampai sekarang masih berperan sebagai model/ rujukan. Terdapat beberapa seniman-seniman yang terkenal di dunia pernah mengajar di sana, diantaranya adalah Johannes Itten, Wassily Kandinsky, Lyonel Feininger, Paul Klee, Oskar Schlemmer, Walter Gropius dan Mies van der Rohe.

Film “BAUHAUS: Modell Und Mythos” memberikan penggambaran atas institusi artistik modernitas yang unik ini; bermula dari dampak revolusioner yang mengikuti setelah berakhirnya Perang Dunia I, emigrasi dan pengembangan professional, atau tentang beberapa seniman Bauhaus yang terlibat dalam masa NAZI Jerman. Adalah beberapa mantan pelajar Bauhaus, baik pria maupun wanita, yang menyampaikan sebagian besar cerita, mengingatkan kembai fase-fase dalam sejarah. Para pengajarnya pun mendapatkan kesempatan untuk ‘berbicara’ melalui materi arsip.

Sudut pandang yang kritis mengenai segi artistik dan tujuan politik dari Bauhaus, dapat disebut sebagai suatu hal yang komprehensif dan hendak disampaikan dalam film ini. Film ini menyajikan pandangan ke dalam esensi dari prinsip-prinsip Bauhaus, konflik yang menyertai sehingga mengakibatkan pemindahan Bauhaus dari Weimar ke Dessau, pembubaran sekolah Bauhaus dalam periode pemerintahan Nazi, kegiatan pembangunan di negara Israel yang baru, dan kemunculan “mitos Bauhaus” di USA

Trailer film: